_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Comments

Anakku & Hobinya

             Namanya Aksyal, umurnya 7 tahun dan baru duduk dikelas 1 SD, hobinya memelihara ikan entah itu ikan hias atau ikan air tawar, jika ikannya ada yang mati ia selalu menangis dan minta dibelikan lagi, atau ia akan mencari ke sungai dekat rumah bersama temannya atau saudaranya yg lebih dewasa. Ikan yang didapatnya seperti ikan sapu-sapu, mujaer, sepat langsung ia simpan di bak penampungan, atau ia masukan ke dalam aquarium, sampai sampai aquarium tersebut penuh dengan ikan (karena aquariumnya kecil). Jika ada ikan yang kecil dimasukan ke aquarium tersebut maka ikan-ikan yang didalam berebut untuk memangsa ikan kecil tersebut, mungkin dikira makanannya, dan lagi-lagi jika ada ikan yang mati, Aksyal langsung nangis minta dibelikan lagi.

             Waktu pertama kali memelihara ikan di aquarium air tawar, banyak masalah yang terjadi dan tiap hari ada saja ikan yang mati, namun setelah nyari informasi ke om google, masalah itu bisa diatasi. Ada beberapa tips agar ikan dan air di akuarium sehat :

1. Aquarium harus memakai filter dan gelembung udara.
    - Bersihkan filter secara rutin bila sudah kotor.
2. Bila akan mengganti air aquarium, pakailah air yang sudah diendapkan  
    semalaman, sisa air kurasan juga
    bisa dipakai untuk menyiram tanaman
3. Jangan terlalu banyak memberi pakan ikan, hal ini akan membuat air cepat kotor.
4. Tempatkan 1 atau 2 ekor ikan sapu-sapu, karena ikan tsb berguna untuk memakan sisa lumut yang menempel dikaca

5. Pisahkan (karantina) ikan yang sakit ke tempat lain.
               Nah dengan memakai tips diatas jarang sekali ada ikan yang mati, tidak terlalu sering untuk menguras air aquarium dan si kecil tidak sering menangis.

No comments:

Post a Comment