_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Comments

Bingung Mau Bisnis Sampingan?



Mengapa tidak mencoba untuk jualan pulsa aja, seperti yang sekarang saya jalankan. Awalnya ide ini muncul ketika saya bingung untuk mencari usaha sampingan, maklum gaji sebagai karyawan sangat pas-pasan. Setelah berunding dengan istri, akhirnya saya & istri sepakat untuk mecoba jualan pulsa elektrik dirumah. Bermodalkan uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) akhirnya saya daftar sebagai reseller kepada teman yang kebetulan sebagai Agen / Master Pulsa Elektrik, dan sistemnya pun tidak ribet, karena hanya dengan 1 kartu bisa melayani untuk semua operator (1 Chip, All Operator). Saya & istripun mulai berbagi tugas. Untuk urusan deposit saya bagiannya sementara istri mencatat semua transaksi (administrasi).

Untuk mendatangakan pembeli, saya membuat tulisan ” JUAL PULSA ELEKTRIK” yang digantung didepan rumah. Sehari, duahari, pembeli tidak ada yang datang, seminggu baru ada pembeli, itupun hanya 1 atau 2 orang, maklum lokasinya sangat jauh dari jalan raya, tepatnya berada dalam gang,  tapi saya dan istri tetap bersyukur dan bersabar, hingga akhirnya pembeli disekitar rumah pun mulai berdatangan, dan sekarang sudah mempunyai pelanggan tetap, Alhamdulillah.
Untuk membantu penjualan dirumah, saya juga menjual pulsa ke teman-teman dimana tempat saya bekerja dan baru malam harinya saya setorkan hasil penjualan ke istri, begitu seterusnya

Sedikit demi sedikit dari keuntungan menjual pulsa, saya & istri membeli sebuah Etalase kaca yang kemudian diisi beberapa kartu perdana dan aksesoris HP. Lama kelamaan pembelipun semakin banyak sampai akhirnya saya menjadi Master Pulsa Elektrik yang mempunyai beberapa downline (bawahan). Selain berjualan pulsa, saya & istri  juga mencoba usaha lain yaitu PPOB (Payment Point Online Bank ) yang bisa melayani pembayaran rekening listrik PLN, token listrik, PDAM, dll.

Berkat berjualan pulsa & PPOB, saya & istri bisa memenuhi kebutuhan keluarga tanpa harus mengganggu uang gaji bulanan saya sebagai karyawan.

Berikut beberapa tips jika sobat ingin berjualan pulsa elektrik menurut pengalaman yang saya alami.

1. Walaupun keuntungan dari pulsa kecil, namun perputarannya sangat cepat mengingat pulsa sudah menjadi kebutuhan orang banyak.

2. Sebelum memulai usaha pulsa, jangan deposit terlalu besar, apalagi kita belum mengetahui siapa pemilik server tersebut, cobalah dulu apakah transaksinya lancar.

3. Jangan pernah dihutangkan, baik ke temen atau orang lain kecuali bayarnya tertib. Hal ini akan menyulitkan ketika saat deposit tiba dan mencegah dari kebangkrutan. Kecuali kita mempunyai dana talangan.

4. Untuk Pemula, jika kita sering isi pulsa untuk keperluan diri sendiri (topup), maka bayarlah (minimal sesuai harga modal), anggaplah kita membeli ke orang lain. Hal ini untuk menjaga agar perputaran uang seimbang, kecuali keuntungan kita sudah sangat lumayan.

5. Buatlah catatan atau pembukuan untuk setiap transaksi. Hal ini untuk mengetahui laba, rugi dan pengeluaran lain-lain setiap bulannya, ini juga untuk memudahkan pengecekan ketika terjadi error pengisian pulsa.

6. Sabar dan Berdoa. Jangan mengeluh ketika pulsa kita sepi pembeli, yakinlah bahwa rezeki sudah ada yang mengatur dan berdoalah semoga usaha kita diberi kelancaran serta jangan lupa sisihkan 2.5% dari keuntungan pulsa untuk Zakat.

Demikian, semoga artikel ini membantu sobat yang igin mencoba berjualan pulsa.
Salam Sukses


2 comments: